E – Katalog, Solusi Pendistribusian Buku Secara Transparan


E- Katalog

Gameseducationary -  Seperti yang telah diketahui, bahwa penyediaan buku teks pelajaran Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2016/2017 dijalankan oleh sekolah. Lain dengan tahun-tahun lalu dimana penyediaan buku dilakukan dengan lelang di pusat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (LKPP), tahun ini buku pelajaran dibeli melalui e-katalog. Bisa diakses di situs ini, guru bisa secara langsung memilih buku yang akan dipakai selama masa semester.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi menyampaikan bahwa memilih penyediaan buku teks pelajaran adalah untuk meningkatkan transparansi transaksi jual beli buku.

Melakukan Pembelian buku melalui e-katalog memperkecil ruang penyalahgunaan pendistribusian masalah yang timbul akibat penyediaan yang dilakukan terpusat. Seperti contoh, sekolah yang sudah melakukan pembayaran buku yang disiapkan namun bukti pembelian tak bisa dikirim karena permasalahan teknis, atau sebaliknya. Maka melalui e-katalog, transaksi jadi lebih mudah. Guru hanya tinggal membuka laman e-katalog, melakukan order, lalu buku dikirim, dan pembayaran dilakukan dengan menggunakan dana BOS.

Buku yang tersedia di e-katalog ini adalah buku referensi yang telah dipersiapkan pemerintah. Adapun buku ini tidak untuk membatasi metode kreatif guru karena guru tetap dapat menggunakan sarana lain saat mengajar di kelas selama proses kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) nya selaras.

Transaksi Pembayaran buku teks pelajaran K13 lewat dana BOS dilakukan jika pesanan buku sudah diterima oleh sekolah. Ada beberapa cara dalam melakukan transaksi pembayaran,  yaitu pembayaran non-tunai melalui payment gateway yang disediakan oleh masing-masing penyedia; atau dengan pembayaran non-tunai melalui transfer langsung kepada penyedia.

Sumber: Kemdikbud


Comments

Popular Posts